Sambutan dari Plt. Kepala Pusat Riset Politik BRIN

Pusat Penelitian Politik diawali dengan berdirinya Lembaga Riset Kebudayaan Nasional (LRKN) tahun 1981, kemudian berubah menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Politik dan Kewilayahan (PPW) tahun 1987 dan berubah lagi menjadi Pusat Penelitian Politik (P2 Politik) tahun 2001 sampai Agustus 2021. Setelah dua dekade bernaung di bawah nama Pusat Penelitian Politik-LIPI, sejak 1 September 2021 secara resmi menggunakan nama Pusat Riset Politik-BRIN.

Sebagai lembaga think tank Pusat Riset Politik melakukan penelitian dan kajian dalam kerangka science for science, science for community dan science for stakeholder. Sejalan dengan itu Pusat Riset Politik-BRIN melakukan penelitian dan kajian terkait isu politik strategis terkini dan relevan dimasa depan yang bersifat akademik maupun kebijakan.

Secara akademik, Pusat Riset Politik-BRIN dituntut menghasilkan kajian-kajian unggulan yang dapat bersaing dan menjadi rujukan ilmiah pada tingkat nasional maupun internasional. Adapun secara praktis dan moral Pusat Riset Politik-BRIN dituntut untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat. Hal ini dilakukan dalam rangka membentuk fondasi yang kokoh bagi penguatan demokrasi dan peran internasional Indonesia demi tegaknya Kemandirian dan Kedaulatan bangsa.

Website Pusat Riset Politik-BRIN ini diharapkan dapat memberi pemahaman dan informasi sebagai langkah awal untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara Pusat Riset Politik dengan pemangku kepentingan dan masyarakat umum.

Dr. Athiqah Nur Alami, S.IP, M.A

Plt. Kepala Pusat Riset Politik – BRIN